Minggu, 24 Januari 2016

Seputar Blog

Kali ini saya akan membahas seputar Blog dari pengertian, fungsi/manfaat, sejarah, dan cara membuat blog.

A. Pengertian Apa Itu Blog
Apa itu Blog? Blog adalah sebuah bentuk aplikasi dari web. Apabila kita cermati lebih dalam, pada dasarnya blog merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses oleh penggunanya secara online. Yang mana blog memiliki fungsi utama yang dapat memuat tulisan dan gambar kemudian tulisan dan gambar tersebut dapat diterbitkan atau dipostingkan. Biasanya blog hanya dikelola oleh pengguna tunggal atau pribadi. Selain dapat digunakan untuk berbagi ilmu pengetahuan, blog juga dapat digunakan untuk bisnis online. Intinya tergantung dari si pengguna/pemilik blog tersebut.

B. Fungsi Blog Dan Manfaat Blog
Apa fungsi dan manfaat blog? Pada dasarnya fungsi dan manfaat blog adalah sebagai media sarana untuk mempublikasikan atau menyalurkan informasi dan ide melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Seperti pada tulisan di atas, selain dapat digunakan untuk berbagi ilmu pengetahuan, blog juga dapat digunakan untuk bisnis online. Salah satu bisnis online yang banyak digunakan blog adalah memasang iklan pada blog. Untuk dapat menghasilkan uang dari iklan yang terpasang pada blog, tentu sebuah blog harus memiliki pengunjung (visitor). Dan bagi pemilik blog harus melakukan atau menerapkan 12 jurus sakti meningkatkan pengunjung blog.

C. Sejarah Blog
Tentunya kita sama-sama mengetahui, bahwa media blog yang pertama kali populer dan pertama kali muncul di dunia blog adalah blogger.com. Awalnya media blog tersebut dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs, yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran media blog tersebut, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002.
seperti kalender, jam dinding, dsb

D. Cara Membuat Blog
  1. Masuk ke Blogger ,sama halnya seperti daftar Facebook, di blogger juga harus mempunyai email Gmail terlebih dahulu, yang belum mempunyai email Gmail, harap membuat dulu. Yang belum mempunyai email dan belum tahu caranya membuat email,
silakan isikan nama email Gmail beserta passwordnya, sama seperti log in ke gmail.com . Setelah itu klik Masuk

  2.Setelah itu Sobat akan dibawa ke tampila seperti ini, Sobat tinggal klik Buat Blog Baru

  3. Isikan Judul dan  Alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan Sobat, dan Apabila Sudah diisi alamat blognya maka nanti ada tulisan dibawahnya Alamat blog ini tersedia, kalau tidak sobat bisa mengganti nama blog yang lainnya seperti nama lengkap atau terserah sobat. Nah, apabila sudah kini tinggal memilih template atau tampilan blog, pilih sesuai selera Sobat. Untuk template bisa dirubah lagi jadi pilih kalau merasa tidak ada yang bagus, pilih sembarang saja.

  4.Setelah selesai, Selamat blog Sobat sudah jadi, tinggal klik Mulai mengeposkan untuk membuat artikel terbaru bagi blog Sobat atau klik gambar pensilnya.

  5. Tinggal ikuti sesuai petunjuknya karena sama dengan menulis di Ms.Word, setelah selesai membuat artikel tinggal klik Publikasikan

Itulah langkah-langkah mengenai cara membuat blog gratis dan mudah di blogspot. Semoga tulisan ini bisa membantu Sobat yang mau membuat blog gratis dan bisa mempunyai blog di blogspot.

Seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, tentunya kini kita dapat melihat begitu banyak media-media blog yang terus bermunculan dalam dunia blog. Baik itu media blog yang berbayar dan juga media blog yang gratis (free).

Itulah informasi Seputar Blog
Semoga bermanfaat.

Sumber :
 - http://terbarux.blogspot.co.id/2013/07/cara-membuat-blog.html?m=1
 -http://dyardian.heck.in/tentang-pengertian-blog-manfaat-blog-dan.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar